Rumus dan Bunyi Hukum Newton I, II, III (Pelajaran Fisika Kelas 8)

Rumus dan Bunyi Hukum Newton I, II, III (Pelajaran Fisika Kelas 8) ~ KamuBisa iO. Sir Isaac Newton merupakan ilmuwan Inggris yang ahli dalam bidang fisika, matematika dan filsafat. Hukum newton menjelaskan hubungan antara gaya yang bekerja pada suatu benda dengan gerak yang disebabkannya. Ada 3 bunyi hukum newton yaitu hukum newton 1, hukum newton 2 dan hukum newton 3. Untuk penjelasan singkatnya ada di bawah ini.

Rumus dan Bunyi Hukum Newton I, II, III (Pelajaran Fisika Kelas 8)

Hukum I Newton

Bunyi hukum I Newton adalah sebagai berikut : "Setiap benda cenderung mempertahankan keadaannya, yaitu tetap diam atau tetap bergerak dengan kecepatan konstan".

Rumus Hukum Newton I :
Dari rumus newton I di atas dapat dibaca sebagai berikut:
  • Sebuah benda yang sedang diam akan tetap diam melainkan ada resultan gaya yang tidak nol bekerja padanya.
  • Sebuah benda yang sedang bergerak, tidak akan berubah kecepatannya melainkan ada resultan gaya yang tidak nol bekerja padanya.
Sebagai contoh hukum newton I adalah:
Rumus dan Bunyi Hukum Newton I, II, III (Pelajaran Fisika Kelas 8)
Pada gambar A) tidak terdapat gaya yang bekerja pada benda. Gambar B) pada benda bekerja gaya mendatar yang seimbang. Sedangkan pada C) pada benda bekerja gaya-gaya mendatar dan vertikal yang seimbang.

Hukum II Newton

Bunyi hukum II Newton adalah sebagai berikut : "Sebuah benda yang dikenal gaya akan mengalami percepatan yang besarnya berbanding lurus dengan besar gaya dan berbanding terbalik dengan massa benda".

Rumus Hukum Newton II

Contoh hukum newton 2 : sebuah benda mempunyai massa 8 kg didorong dengan gaya 24 N, maka percepatan balok tersebut adalah 3 m/S2. Angka ini didapat dari m= 8 kg, F=24 N maka a=F/m yang artinya 24N/8kg = 3 m/S2

Hukum III Newton

Bunyi hukum III Newton adalah sebagai berikut : "Setiap ada gaya aksi maka selalu ada gaya reaksi yang besarnya sama tetap berlawanan arah".

Rumus Hukum Newton III

F aksi = F reaksi
Sebagai contoh dari hukum newton 3 ini adalah pada saat kita berjalan diatas lantai maka aksinya adalah kita mendorong lantai ke belakang sedangkan reaksinya adalah lantai mendorong kita ke depan. Caontoh lainnya adalah pada saat peluncuran roket. Aksi adalah gas mendorong roket ke arah atas sedangkan reaksinya adalah roket mendorong gas ke arah bawah.
Demikian artikel Rumus dan Bunyi Hukum Newton I, II, III (Pelajaran Fisika Kelas 8), semoga bermanfaat. Baca selengkapnya tentang artikel Fisika di >> Materi Fisika.
Rumus dan Bunyi Hukum Newton I, II, III (Pelajaran Fisika Kelas 8) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fatih iO
comments