Bahan Kimia di Rumah dalam Kehidupan Sehari-hari (Pelajaran Fisika Kelas 8)

Bahan Kimia di Rumah dalam Kehidupan Sehari-hari (Pelajaran Fisika Kelas 8) ~ KamuBisa iO. Bahan kimia yang ada di dalam rumah tangga dapat berasal dari makhluk hidup dan makhluk tak hidup yang kalau menurut penggunaannya dapat berupa bahan makanan dan bukan bahan makanan. Maksud dari bahan kimia makanan adalah bahan yang masuk ke tubuh kita dapat melalui mulut atau hidung dan merupakan bahan yang dibutuhkan untuk proses metabolisme dan juga berguna untuk proses pertumbuhan. Sedangkan bahan bukan makanan adalah bahan yan tidak masuk ke tubuk kita yang hanya menyentuh ke tubuh kita bahkan tidak menyentuh tubuh kita sama sekali. Sifat dari kandungan kimia yang adal di dalam rumah tangga dapat beranekaragam sifatnya ada yang bersift korosif, mudah terbakar, mudah meledak dan mempunyai sifat racun.

Bahan Kimia di Rumah dalam Kehidupan Sehari-hari (Pelajaran Fisika Kelas 8)

Bahan Kimia di Rumah dalam Kehidupan Sehari-hari (Pelajaran Fisika Kelas 8)
Bahan Kimia di Rumah dalam Kehidupan Sehari-hari (Pelajaran Fisika Kelas 8)

Bahan Kimia di Rumah berupa Bahan Pembersih

Bahan pemberish dapat digolongkan menjadi sabun dan ditergen. Bahan dasar pembuatan sabun adalah minyak kelapa atau minyak sawit dan natrium hidroksida yang mempunyai sifat mudah diurai sehingga polusi air dapat dihindari. Proses pembuatan sabun di sebut saponifikasi (penyabunan). Sedangkan pada ditergen mempunyai sifat yang kuat dan mengikat kotoran apabila di bandingkan dengan sabun. Detergen lebih susah untuk diuarai/ netralkan. Bahan pembuatan ditergen adalah alkybenzenesulfonates dan linear alkesulfonates yang asalnya adalah dari minyak bumi. Bahan pembersih lainnya adalah berupa bahan pemberih lantai desinfektan yaitu karbol/ fenol, sampo (detergen) dan pasta gigi (abrasif dan ditergen).

Bahan Kimia di Rumah berupa Bahan Pemutih

Bahan pemutih yang ada di rumah tangga adalah bahan pemutih makanan, bahan pemutih kulit dan bahan pemutih pakaian. Bahan pemutih yang berupa cairan pada umumnya mempunyai kandungan 5, 25% larutan natrium hipoklorit sedangkan yang mempunyai bentuk serbuk mengandung kapur klor (CaOCl2)
Bahan dasar pemutih pakaian adalah senyawa klorin, untuk pemutih kulit mengandung aluminium stearat, sedangkan pemutih makanan misalnya mengandung benzoil peroksida, kalium bromat, kalsium iodat dan asam akorbat.

Bahan Kimia di Rumah berupa Bahan Pewangi/ Pengharum

 Bahan yang diakai dalam minyak wangi berasal dari proses penyulingan bunga atau dari reaksi bahan kimia sintetik. Aroma yang biasa dipakai dalam wangi-wangian adalah bau bunga dan bau buah-buahan. Parfum dapat diperoleh melalui esterifikasi dan ekstraksi.

Bahan Kimia di Rumah berupa Pembasmi Hama

Pengertian insektisida adalah bahan kimia yang berfungsi untuk membunuh serangga sedangkan larvasida adalah bahan kimia yang berfungsi untuk membunuh larva serangga. Dampak negatif yang ditimbulkan dari pemakaian insektisida adalah gangguan sistem pernafasan, serangga menjadi kebal dan mencemari lingkungan dan tanah. Dampak negatif tersebut dapat diminimalkan jika memahami sifat dan cara penggunaan bahan kimia tersebut.
Demikian artikel Bahan Kimia di Rumah dalam Kehidupan Sehari-hari (Pelajaran Fisika Kelas 8), semoga bermanfaat. Baca selengkapnya tentang artikel Fisika di >> Materi Fisika.
Bahan Kimia di Rumah dalam Kehidupan Sehari-hari (Pelajaran Fisika Kelas 8) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fatih iO
comments