Pengertian Hak Asasi Manusia dan Jenis-jenis Hak Asasi Manusia (Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas 7)


Pengertian Hak Asasi Manusia dan Jenis-jenis Hak Asasi Manusia (Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas 7) ~ KamuBisa-iO. Tiap-tiap manusia dianugerahi oleh Tuhan hak-hak dasar yang sama yang dikenal sebagai hak asasi manusia (HAM). Hak asasi manusia yaitu hak dasar yang dipunyai oleh manusia mulai sejak lahir juga sebagai anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa. Umpamanya kebebasan memeluk agama, hak hidup, kebebasan menyampaikan pendapat, hak mempunyai sesuatu, dsb. Menurut Undang-Undang No. 39 Th. 1999, hak asasi manusia yaitu seperangkat hak yang menempel pada hakikat dan kehadiran manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa serta merupakan anugerah-Nya yang harus dihormati, dijunjung tinggi, serta dilindungi oleh negara, hukum, pemerintah, dan setiap orang, untuk kehormatan dan perlindungan harkat dan martabat manusia. Sedang menurut Ketetapan MPR No. XVll/MPR/1998, hak asasi manusia yaitu hak dasar yang melekat pada diri manusia yang sifatnya kodrati dan universal juga sebagai karunia Tuhan Yang Maha Esa dan berfungsi untuk menjamin kelangsungan hidup, kemerdekaan, perkembangan manusia dan masyarakat yg tidak boleh diabaikan, dirampas, atau diganggu oleh siapa pun. Lihat juga : Faktor Yang Mempengaruhi Interaksi Sosial

Pengertian Hak Asasi Manusia dan Jenis-jenis Hak Asasi Manusia (Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas 7)

Pengertian Hak Asasi Manusia dan Jenis-jenis Hak Asasi Manusia (Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas 7)

Secara garis besar hak asasi manusia digolongkan jadi 6 jenis sebagai berikut.

a. Hak asasi pribadi (personal rights)
Hak asasi pribadi mencakup hak kebebasan beragama, beribadat sesuai keyakinan masing-masing, menyatakan pendapat, serta kebebasan berserikat atau berorganisasi.

b. Hak asasi ekonomi (property rights)
Hak asasi ekonomi mencakup hak untuk mempunyai, suatu hal, hak beli atau jual sesuatu, dan hak untuk mengadakan perjanjian atau kontrak.

c. Hak asasi untuk memperoleh perlakuan yang sama didalam hukum dan pemerintahan (rights of legal equality).
Hak asasi untuk memperoleh perlakuan yang sama didalam hukum serta pemerintahan di kenal dengan hak kesamaan hukum. Umpamanya, tak ada diskriminasi atau pembeda di muka hukum.

d. Hak asasi politik (political rights)
Hak asasi politik yaitu hak untuk ikut serta dalam pemerintahan, hak memllih serta dipilih dalam pemilu, hak untuk mendirikan partai politik, dan hak untuk mengajukan petisi, kritik atau rekomendasi pada pemerintah.

e. Hak asasi sosial dan kebudayaan (social/and cultural rights)
Contohnya hak untuk mendapatkan pendidikan, hak untuk mengembangkan kebudayaan, serta hak mendapatkan jaminan sosial.

f. Hak asasi untuk memperoleh perlakuan tata. langkah serta perlindungan hukum prosedural rights)
Contohnya hak untuk mendapatkan penasihat hukum untuk yg terlibat proses hukum dan  hak tidak untuk di tangkap sewenang-wenang.
Lihat juga : Definisi & Pengertian Sugesti
Demikian artikel Pengertian Hak Asasi Manusia dan Jenis-jenis Hak Asasi Manusia (Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas 7), Semoga bermanfaat. Untuk melihat seluruh materi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dapat dilihat di >> Materi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
Pengertian Hak Asasi Manusia dan Jenis-jenis Hak Asasi Manusia (Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas 7) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fatih iO
comments